Perangkat Lunak

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Perangkat Lunak
Perangkat lunak adalah program yang berisi instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Sofrware sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.



2.2 Peran dan Fungsi Perangkat Lunak
Komputer hanyalah sekedar mesin yang tak dapat melakukan tugas yang dikehendaki pemakai sekiranya tidak didukung oleh perangkat lunak (software). Komputer bukanlah teko ajaib yang dimiliki oleh aladin, yang dapat mengeluarkan jin dan jin tersebut dapat diperintah untuk melakukan apa saja oleh tuannya. Perangkat lunak sesungguhnya adalah program. Sebagaimana telah anda ketahui, program adalah deretan intruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya.
Fungsi software dapat dibagi berdasarkan jenis dan kategori perangkat lunak itu sendiri, setiap perangkat lunak ini dapat berfungsi berdasarkan jenisnya. Pengertian software atau perangkat lunak ini mungkin sudah diketahui oleh setiap orang, namun mungkin ada beberapa yang belum mengetahui berdasarkan fungsinya:
1. Fungsi Perangkat Lunak Pengolah Kata
Perangkat lunak pengolah kata memiliki fungsi untuk melakukan manipulasi dan mengolah kata kata yang nantinya diperlukan untuk pembuatan dokumen atau untuk merangkum sesuatu. Contoh : Microsoft Word, OpenOffice Writer, dan Lotus Word pro.



2. Fungsi Perangkat Lunak Pengolah Angka
Perangkat lunak jenis ini berfungsi untuk melakukan pengolahan angka seperti melakukan perhitungan dan operasi aritmatik lainnya. Contoh : Microsoft Excel.






3. Fungsi Perangkat Lunak Presentasi
Perangkat lunak jenis ini berfungsi untuk membuat suatu dokumen atau file yang dapat digunakan untuk presentasi yang mana mendukung berbagai animasi yang diperlukan selama presentasi dan fitur lainnya. Contoh : Microsoft Power Point.




4. Fungsi Perangkat Lunak Pembuatan Program
Perkembangan rekayasa perangkat lunak untuk berbagai industri membuat para perusahaan berusaha membuat perangkat lunak yang dapati digunakan untuk pembuatan program. Fungsi perangkat lunak ini adalah untuk mengembangkan program aplikasi lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Software ini digunakan untuk menjalankan bahasa pemrograman komputer yang menghasilkan aplikasi sesuai dengan kebutuhan user. Contoh : Visual Studio dan Eclipse.


5. Fungsi Perangkat Lunak Dasar
Perangkat lunak dasar ini adalah perangkat lunak yang dibutuhkan untuk mendukung agar software lainnya dapat berjalan di perangkat komputer atau perangkat keras lainnya. Contoh : Sistem operasi ( Sistem operasi linux, Sistem operasi windows)






6. Fungsi Software Database / Penyimpanan Data
Software ini berfungsi untuk menyimpan data yang dimasukkan serta di olah untuk kebutuhan pengguna melalui berbagai aplikasi pendukung, software ini dikenal dengan DBMS. Fungsi DBMS adalah software yang digunakan untuk mengolah, menyimpan, dan mengubah data sesuai dengan instruksi pengguna. Fungsi database ini sangat vital untuk kemajuan dan perkembangan teknologi informasi.
Fungsi perangkat lunak secara umum pada perangkat komputer atau perangkat lainnya adalah untuk menerima instruksi dari pengguna sesuai dengan fitur yang disediakan. Dalam hal ini artinya, sebuah software bertugas untuk membantu memudahkan pekerjaan dan menyederhanakan tugas tugas yang dikerjakan oleh manusia secara terkomputerisasi.
Dalam perkembangannya perangkat lunak sangat membantu manusia, sebagai contoh adalah dihasilkannya antivirus terbaik untuk membantu mencegah berbagai jenis malware berbahaya. Selain itu memudahkan berbagai tugas utama manusia seperti pengetikan, perhitungan, dan pengolahan data lainnya.

2.3 Pengelompokan Perangkat Lunak
A. Berdasarkan Fungsinya
Perangkat lunak atau software terbagi manjadi 4 macam, yaitu: sistem operasi (Operating System), program aplikasi (Application Programs), bahasa pemrograman (Programming Language), dan program bantu (Utility).
1. Sistem Operasi (Operating System)
Sistem operasi adalah program awal yang mengendalikan sistem kerja komputer yang mendasar yaitu mengatur kerja input, proses dan output termasuk mengatur memori dan jadwal kerja prosesor. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. Beberapa contoh sistem operasi adalah sebagi berikut.
a. IBM-DOS (IBM – Disk Operating System)
b. MS-DOS (Microsoft Disk Operating System)
c. Microsoft Windows
d. OS/2
e. Linux
f. Unix
g. Sun Microsystem
Sistem operasi sangat berkaitan dengan prosesor yang digunakan. Awalnya prosesor pada PC kompatibel dengan produk IBM dan Macintosh. Perkembangan perangkat lunak Macintosh tidak sepesat cloning IBM. Sistem operasi cloning IBM saat ini ada yang komersil yaitu dibuat oleh Microsoft dan freeware (pemakai software secara bebas) yang dikembangkan oleh peneliti untuk open source, yaitu bahan baku pembuatan dapat dibaca, sehingga hasilnya dapat ditambah atau dimodifikasi oleh sitiap orang. Interaksi antara pengguna dan komputer dikenal melalui 2 cara :
a. CUI (Character User Interface) adalah pemberian instruksi melalui penulisan perintah.
b. GUI (Graphical User Interface) adalah pemberian instruksi dengan cara tunjuk (pointer) pada tampilan.
2. Progam Aplikasi
Progam aplikasi adalah software yang dirancang khusus untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu. Perangkat lunak aplikasi merupakan bagian perangkat lunak yang banyak digunakan dan terus berkembang. Berdasarkan kebutuhan-kebutuhan tersebut maka progam aplikasi dibagi menjadi:
a. Word Processing merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolah kata, contohnya WordStar, Word perfect, ChiWriter, dan Microsoft Word. Aplikasi ini membantu kita dalam membuat dokumen surat, curriculum vitae, dan karya tulis. Software word processing terbagi menjadi dua yaitu berbasis teks an grafis. Tapi saat ini software aplikasi berbasis teks sudah ditinggalkan karenaa dianggap usang dan kurang menarik. Software yang paling umum digunakan adalah yang berbasis grafis, contohnya microsoft word.
b. Spreadsheet merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolahan angka, contohnya: Lotus, Supercalc, Quattro, Symphony, dan Microsoft Excel.
c. Presentasi merupakan aplikasi yang berorientasi untuk mempresentasikan makalah, contohnya Microsoft Powerpoint dan Micromedia Flash. Aplikasi ini membantu kita dalam menyajikan suatu makalah lebih profesional dan menarik yang dilengkapi dengan animasi teks dan gambar.
d. Database adalah aplikasi yang berorientasi pada pengolahan data, contohnya dBase III+, Fox Base Foxpro, Microsoft Access. Aplikasi ini membantu kita dalam mengatur data, misalnya data siswa, data penjualan, pembelian, persediaan barang. Seperti halnya software aplikasi lainya, database juga ada yang berbasis teks dan berbasis grafis. Contoh software database yang berbasis teks adalah dBase III dan software berbasis grafis dalam Microsoft Access.
e. Desktop Publishing adalah aplikasi yang berorientasi pada pengolahan gambar (desain grafis), contohnya: Ventura, Page Maker, CorelDraw, dan Photoshop. Aplikasi ini banyak digunakan dalam dunia percetakan . Aplikasi ini banyak digunakan dalam dunia percetakan. Aplikasi ini membantu kita dalam membuat dan mengedit gambar, foto-foto digital, poster, brosur, leaflet.
Contoh software desain grafis desain grafis atau desktop publishing yang banyak digunakan adalah CorelDraw (berbasis vektor) dan Adobe Photoshop (berbasis Bitmap). Vektor merupakan gambar yang tersusun dari garis-garis sehingga gambarnya akan tetap bagus ketika diperbesar. Sedangakn bitmap adalah gambar yang tersusun dari titik atau pixel sehingga ketika gambar diperbesar akan tampak kasar.
f. Multimedia adalah aplikasi yang dapat digunakan dengan beberapa media baik melalui komputer, PDA, handphone, dan peralatan teknologi informasi lainnya seperti: Winamp, Real Player, dan Media Player. Sistem Operasi Windows yang multitasking memungkinkan kita bekerja pada aplikasi lainnya secara bersamaan. Misalnya kita dapat mengetik sambil menonton siaran televisi melalui komputer atau sambil mendengarkan musik dengan aplikasi Winamp.





g. Internet adalah aplikasi yang digunakan untuk membantu dalam mencari aplikasi informasi dan komunikasi melalui jaringan internet, seperti: Internet Explorer, Mozila Fire Fox, chat, dan messenger. Untuk menggunakan salah satu aplikasi Internet, komputer harus sudah terhubung dengan jaringan Internet. Untuk menghubungakn komputer dengan Internet, harus dilengkapi dengan perangkat lainnya yaitu modem.
h. CAD (Computer Aid Design) aplikasi yang berorientasi pada pengolahan rancangan konstruksi mesin ataupun bangunan, contohnya AutoCAD. Selain membutuhkan orang yang mengerti menggunakan CAD, juga dubutuhkan pengetahuan tentang teknik bangunan ataupun teknik mesin. Software AutoCAD biasa digunakan oleh para arsitek, drafter, siswa sekolah kejuruan teknik sipil, mesin, dan mahasiswa jurusan teknik.
3. Bahasa Pembrograman ( Programming Language)
Perangkat lunak bahasapemograman (programming language) adalah software yang digunakan dan berfungsi untuk membuat suatu aplikasi dengan menggunakan bahasa-bahasa dengan aturan atau prosedur tertentu. Bahasa yang dibuat ini akan diterjemahkan ke dalam bahasa mesin supaya dapat dimengerti oleh komputer.ada tiga level tinggat bahasa pemrograman, yaitu:
a. Bahasa tinggat rendah ( low level language). Bahasa ini disebut juga dengan bahasa mesin (assembler), dimana pengkodean bahasa ini dengan menggunakan kode angga 0 dan 1. Yang termasuk dalam bahasa mesin ini adalah machine language, assembly language dan RPG ( Report Program Generator ) yaitu program untuk mendesain laporan.
b. Bahasa tinggat tinggi ( high level language). Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa inggris. Contohnya adalah BASIC, COBOL, FORTRAN, PASCAL.
c. Bahasa generasi keempat ( 4 GL). Bahasa pemrograman 4 GL ( fourth generation language) ini merupakan bahasa yang berorentasi pada objek yang disebut dengan Objek Oriented Programming (OOP). Software bahasa 4 GL diantaranya Visual Basic,Delphi,Visual C++.
4. Program Bantu (Utility)
Software ini berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang berhubungan dengan komputer misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain. Software ini diantaranya adalah sebagai berikut:
a. Norton Utility (Norton Commander, Norton Disk Doctor), merupakan utility dalam mengelola file yang memberikan kemudahan dalam mengopi file, membuat folder atau directory, mengganti nama file. Norton Disk Doctor, software utility yang dapat membantu mengecek hardisk atau disk yang rusak dan memindah sektor-sektor yang rusak untuk tidak digunakan lagi.
b. WinZip, aplikasi ini sangat berguna untuk mengkompres file. Mengkompres adalah mengubah ukuran file yang besar menjadi kecil, sehingga ketika akan membackup file tidak memakan ruang memori yang besar. Ketika itu menggunakan e-mail dan ingin mengirim file, sedangkan file tersebut terlalu besar, proses upload akan membutuhkan waktu lama. Untuk itu, file tersebut dapat dikompres dengan WinZip.


c. Norton Ghost, aplikasi ini membantu kita untuk membackup hardisk secara keseluruhan termasuk software sistem operasi dan aplikasi dan membackup partisi. Dengan Norton Ghost, tidak perlu menginstall hardisk kosong yang membutuhkan waktu lama. Hardisk yang mdikopi melalui Norton Ghost menjadi sama seperti hardisk sumbernya.
d. Antivirus, merupakan software utility atau yang membantu untuk memberikan keamanan komputer terhadap serangan virus. Jenis virus ada banyak diantaranya Worm, Trojan, Backdoor, dan lain-lain. Walaupun komputer kita telah diinstall antivirus, terkadang masih saja terserang oleh virus-virus. Virus-virus ini dapat merusak data atau file pada komputer dan dapat mengacaukan sistem operasi pada komputer kita. Oleh karena itu, harus dilakukan update (diperbaharui) antivirus yang sudah diinstal pada komputer sesering mungkin. Selain itu, berhati-hatilah dalam menggunakan disket atau flash disk dari komputer lain.


B. Berdasarkan Cara Mendapatkan dan Hak Pemakain
1) Perangkat lunak komersial adalah perangkat lunak hak beli, karena mempunyai hak cipta. Setiap orang yang bermaksud menginstalnya harus membelinya. Jika tidak membayar berarti melakukan pembajakan. Hak cipta adalah suatu hak yang dilindungi hukum yang melarang seseorang untuk menyalin hak atas kekayaan intelektual tanpa izin pemegangnya. Perangkat lunak ini juga disertai lisensi yang melarang pembeli menyalin perangkat lunak untuk diberikan kepada orang lain ataupun untuk dijual kembali. Contohnya adalah Microsoft Office dan Adobe Photoshop.




2) Free software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya karena bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka dan di sanalah letak inti dari kebebasan; program – program di bawah GPL sekali diperoleh dapat disalin, dimodifikasikan dan didistribusikan secara bebas. Jadi free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu keluar dari lisensi, kita dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware, shareware, atau adware. Klasifikasi ini memperngaruhi cara di mana program dipasarkan dan independen dari lisensi perangkat lunak dimana mereka berasal.
3) Shareware juga bebas tetapi lebih dibatasi untuk waktu tertentu. Shareware adalah program terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur tau fungsi terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari). Dengan demikian memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum memberi dan kemudian membeli versi lengkap dari program tersebut. Sebuah contoh yang sangat jelas dari tipe ini adalah perangkat lunak anti virus.
4) Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta gratis di gunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis freeware “untuk di sumbangkan ke komunitas” namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki control terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan secara gratis tanpa biaya tambahan. Contoh utamanya adalah Suite Browser dan Mail Client dan Mozilla News juga didistribusikan di bawah GPL (free software).
5) Public-domain software adalah perangkat lunak yang mempunyai sifat gratis, karena tidak mempunyai hak cipta. Perangkat lunak seperti ini biasanya berupa kode dan banyak dijumpai diinternet.
2.4 Istilah Versi dan Rilis
Pada perangkat lunak dikenal istila versi (vesion)dan rilis (release). Versi menyatakan sebuah perubahan besar pada perangkat lunak. Umumnya versi dinyatakan dengan bilangan semacam berikut: 2.0, 3.0, 4.0, 5.0, 6.0 dan sebagainya. Terkadang notasi lain digunakan sebagai contoh Microsoft Office 97 dan Ofice 2000.
Rilis menyatakan perunbahan kecil terhadap sebuah versi yang sama. Rilis biasanya dinyatakan dengan angka dibelakang tanda titik. Contoh versi 4.0 bisa menjadi 4.1, 4.11, dan 4.12.

2.5 Antarmuka Pemakai dalam Perangkat Lunak
Bentuk interaksi antara pemakai dan komputer ataudisebut antarmuka pemakai pada komputer dimasa lalu dan pada masa sekarang telah mengalami perubahan secara total. Pada masa generasi awal, PC menggunakan antarmuka yang dinamakan command-driven. Pada antarmuka ini, pemakai disuguhi dengan prompt shell dan pemakai perlu mengetikan sendiri perintah yang dikehendakinya agar komputer melaksanakan tugasnya.
Untuk memudahkan pemakai, dibuatlah antar jenis muka lainyang dikenal dengan sebeutan GUI (Graphical User Interface). GUI mengandalkan peranti yang disebut mouse untu melaksanakan pemilihan perintah yang dikemas dalam bentuk mene dan ikon. Klik, klik ganda (double-click), tarik dan lepas (drag ang drop), klik kanan merupakan istilah-istilah yang diakrabi oleh pada pemakai GUI.
Antarmuka dalam bentuk lain juga mulai diterapkan. Sebagai contoh, dumungkinkan untuk memerintahkan komputer dengan menggunakan suara atau dengan kedipan mata.
2.6 Perangkat Lunak Apikasi
Perangkat lunak biasanya digunakan oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik seperti mengetik dokumen, memanipulasi foto, dan merancang rumah. Perangkat lunak aplikasi dapat digolongkan menjadi:


1. Perangkat Lunak Hiburan
Mencakup program-program permainan (game), program memainkan musik (misalnya Winamp), dan program untuk memainkan film (misalnya Xing).
2. Perangkat Lunak Pendidikan
Berguna untuk mempelajari atau mereferensi sesuatu pengetahuan. termasuk dalam kategori itu adalah program kamus, ensikjopedi, pelajaran ilmu pengetahuan, pelajaran bahasa asing dan simulasi. Adakalnya sebuah program menggabungkan kemampuan pendidikan dan hiburan sekaligus. Perangkat lunak seperti ini biasa disebut edutainment. Banyak program untuk anak-anak yang mendukung unsur hiburan dan pendidikan. Mereka dapat bermain-main dengan komputer tetapi sekaligus belajar kata-kata atau mengenali benda.
3. Perangkat Lunak Bisnis
Biasanya digunakan untuk menangani aplikasi bisnis. Misalnya berupa program untuk menangani persediaan barang (inventory control), pencatatan dan pembayaran piutang (accounts receivable), dan registrasi mahasiswa (sistem akademis).
4. Perangkat Lunak Produktivitas Kerja
Berguna untuk meningkatkan produktivitas pemakai. Beberapa golongan pernagkat lunak untuk meningkatkan produktifitas kerja yaitu:
a. Word Processing
Untuk menciptakan dokumen ataupun untuk membuat surat. Misalnya: Word dan Abi Word.
Perangkat lunak ini memberikan kemudahan dalam menformat teks (Misalnya agar teks tertata rapih dengan rata dibagian kanan ataupun kiri), membuat teks tertentu ditebalkan atau dimiringkan, mengatur font (jenis tulisan, misalnya Times Roman, Arial, Courier, termasuk ukurannya), bahkan memungkinkan untuk menambahkan gambar atau foto kedalam dokumen. Dalam prakteknya, kemampuan untuk melakukan pengolahan kata sangat bervariasi. Sebagai contoh, ada yang memberikan fasilitas untuk membuat tabel, mengatur teks agar ditampilkan dalam beberapa kolom, ataupun menyimpan file kedalam format HTML.
Pengolahan kata seperti Word mendukung fitur spelling checker yang berfungsi untuk mengidentifikasi masalah ejaan , grammar checker yang berfungsi untuk mengidentifikasi kesalahan tatabahasa, dan thesaurus yang berfungsi untuk mencarikan padanan kata.
Daftar Pengolahan Kata
Nama Vendor
Ami Pro Lotus Development Corp
StarOfficer Writer Sun Microsystems
Word Microsoft Corporation
WordPerfect Novel Corporation
WordStar WordStar International Corporation
b. Spreadsheet
Pengolahan data dalam bentuk kumpulan sel, yang memungkinkan perhitungan secara dinamis. Contoh: Microsoft Excel dan StarOffice, Calc.
Mempunyai tampilan yang khas, berapa sekumpulan sel, setiap sel memiliki alamat yang dinyatakan dengan nama baris dan kolom. Pada gambar diatas terlihat bahwa nama baris berupa angka dan nama kolom dinyatakan dengan huruf.
Pada sel inilah pemakai dapat menuliskan teks, angka, dan bahkan rumus. Rumus yanr disediakan berbagai ragam, dari sekedar menghitung jumlah nilai dari beberapa kolom sampai keperhitungan IRR (Internal Rate of Return: suatu metode yang biasa digunakan untuk menghitung investasi).
Spreadsheet dilengkapi dengan fasilitas untuk menyajikan data dalam bentuk grafik seperti diagram batang, diagram lingkaran, atau diagram garis dapat dipilih oleh pemakai dengan mudah.



Daftar spreadsheet
Nama Vendor
Claris Resolve Claris Corporation
Excel Miscrosoft
Lotus 1-2-3 Lotus Development Corporration
QuatroPro Novel Corporation
StarOffice Calc Sun Microsystem
c. Desktop Publishing
Menangani pembuatan buku, surat kabar, dan iklan, contoh: CorelDraw. Umumnya perangkat lunak ini mempunyai kemampuan untuk menggabungkan berbagai berkas yang dihasilkan oleh perangkat lunak lain, misalnya:
1) Dokumen dari pengolahan kata.
2) Gambar buatan yang dilakukan melalui perangkat penggambar seperti paint.
3) Gambar hasil scanner.
Daftar Dekstop Publishing.
Nama Vendor
Corel Draw Corel Corporation
FrameMaker Frame Technology
InDesign Adobe
Publish It! Timeworks International
Publisher Microsoft Corrporation
QuackXPress Quark
Ventura Corel Corporation
d. Presentasi Grafik
Untuk membuat bahan-bahan presentasi dalam bentuk transparan atau untuk membuat diktat, dan sekaligus dapat dipakai sebagai alat untuk presentasi. Contoh: PowerPoint dan StarOffice Impress.
Berguna untuk membuat bahan presentasi dan juga sekaligus untuk melaksanakan presentasi. Dengan menggunakan perangkat lunak ini, pembuatan bahan presentasi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Anda biasa menyajikan teks, grafik, gambar, dan grafik dan kemudian mencetaknya kedalam bentuk kertas ataupun plastik transparan.
Jika anda menggunakan perangkat lunak ini untuk melakukan presentasi-dengan menghubungkan komputer ke proyektor LCD dan menayangkan keluaran proyektor LCD kelayar presentasi –banyak fitur lain yang dapat anda libatkan, seperti menambahkan animasi saat terjadi penggantian slide dan bahkan anda bis amenyajikan film yang direkam dengan kamera video.
Daftar Perangkat Lunak Presentasi Grafik
Nama Vendor
Action! Macromedia
StarOfficer Impress Sun Microsystem
FreeLance Graphics Lotus Development Corporation
Power Point Microsoft Corporation
WordPerfect Presentation Novel Corporation
e. Komunikasi
Komunikasi berfungsi untuk melakukan komunikasi antar pemakai secara elektronis. Contoh Microsoft Outlook dan Opera dapat digunakan untuk mengirim dan menerima surat elektronis.
Daftar Perangkat Lunak e-mail
Nama Vendor
PerfectOffice Novel Corporation
Netscape Messenger Netscape Communications
Outlook Express Microsoft Corporation
Kmail Koffice Team

f. Personal Information Manager
Mengelola informasi yang berhubungan dengan jadwal, tugas, data rekanan atau klien, dan keuangan. Program ini sangat bermanfaat bagi individu yang ingin mengelola informasi pribadi. Perangkat lunak ini bermanfaat untuk mengelola ibformasi yang berhubungan dengan jadwal, tugas, data rekanan atau klien, dan keuangan.
Daftar Perangkat Lunak PIM
Commence Jensen-Kones, Inc
Computer Organizer Impulse Software
Lotus Organizer Lotus Development Corporation (Sekarang IBM)
Microsoft Outlook Microsoft Corporation
g. Management Data
Untuk mencatat, memanipulasi, dan mengambil data atau informasi. Program yang berguna untuk mencatat, memanipulasi, dan mengambil data dengan cara yang mudah dan cepat. Beberapa contoh DBMS yang biasa dipakai oleh perseorangan
Daftar DBMS
Nama Vendor
Acces Microsoft Corporation
Paradox Novell Corporation
Visual Dbase Borland International
Visual Ekspress Computer Association
Visual FoxPro Microsoft Corrporation
Diluar pengolahan data diatas terdapat kelompok perangkat lunak produktifitas yang lain, misalnya yang tergolong sebagai pengolah statistika (Contoh SPPS dan MicroStat). Perangkat lunak produktivitas kerja merupakan perangkat lunak aplikasi yang umum dipakai orang.
h. Software Suite
Adalah kumpulan beberapa program yang dikemas menjadi satu. Beberapa contoh yang terkenal adalah Microsoft Officer, Lotus SmartSuite, serta StarOffice. Sebagai contoh, Microsoft Office merupakan produk yang terdiri atas sejumlah program seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Acces, dan beberapa program lainnya.
Contoh beberapa Software suite
Program Microsoft Office Corel WordPerfect Ofice Sun StarOffice
Pengolahan Kata Word WordPro StarWriter
Lembar Kerja Excel QuartroPro StarCale
Presentasi Power Point Presentations StarImpress
Personal Information Manager Outlook Corel Cental StarSchedule
Management Basis Data Acces Paradox StarBase

0 komentar:

Posting Komentar

 
Ani Riskiana Blog Design by Ipietoon