Pengenelan kehidupan kampus Universitas Jember

Nama : Ani Riskiana
NIM : 150210204027
Pada tanggal 9-23 Agustus 2015 Universitas Jember melaksanakan pengenalan kehidupan kampus (pk2). Kegitan ini diikti oleh seluruh mahasiswa baru yang berjumlah sekitar 6000 mahasiswa. Kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya ketika mengikuti dan melaksanakan pk2 di Universitas Jember.

Sebelum pelaksanaan pengenalan kehidupan kampus, pada tanggal 9 Agustus 2015 hari minggu pukul 15.30-17.00 dilaksanakan gladi bersih untuk menyambut apel pagi pada tanggal 10 agustus 2015 di Stadion Universitas Jember.
Keesokan harinya, pada tanggal 10 agustus 2015 saya bersama mahasiswa baru lainnya berkumpul kembali di Stadion UNEJ untuk melaksanakan apel pagi untuk meresmikan kami sebagai mahasiswa baru Universitas Jember. Upacara tersebut dihadiri oleh para dosen dan dipimpin langsung oleh bapak rektor Moh. Hasan. Upacara berlangsung hikmat dan kami telah resmi menjadi mahasiswa UNEJ. Upacara berlangsung hingga pukul 08.30.kegiatan selanjutnya yaitu pengenalan hymne dan mars UNEJ yang berakhir hingga pukul 09.00
Hari ke 2 pengenalan kehidupan kampus pada tanggal 11 agustus 2015 dilaksanakan di gedung 3, kegitan pada hari itu diawali dengan pengenalan hymne dan mars UNEJ kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi. Pemateri pertama yaitu Dra. Wiwik Eko yang menjelaskan tentang strategi belajar di Perguruan Tinggi.pemateri ke 2 yaitu Dr. Budi Setiono yang menjelaskan tentang kode etik mahasiswa UNEJ. Pemateri ke 3 yaitu Drs. Sumarjono M.Si yang menjelaskan tentang pengembangan kemahasiswaan. Saya mendapatkan kesimpulan dari beberapa materi diatas yaitu
 Strategi belajar di perguruan tinggi
• Cara belajar efektif
1. Berorientasi pada pendidikan orang dewasa
2. Model pendekatan belajar
 Cara belajar orang dewasa
 Cara belajar mandiri
 Cara belajar aktif
• Di perguruan tinggi
 Mengetahui tujuan belajar
 Mengetahui sasaran belajar
 Memiliki modal keterampilan
 Melakukan cara belajar efektif
 Mengatur rencana studi
 Mengatur waktu dengan baik
 Belajar berorganisasi
• Taxonomy broom’s theory
 Mengingat
 Pahami
 Analisis
 Evaluasi
 Kreativ
 Kode etik mahasiswa UNEJ
• Perilaku dalam ruang kuliah
1. Hadir tepat waktu
2. Berpakaian rapi
3. Tidak merokok di ruang kuliah
4. Santun dalm mengeluarkan pendapat
5. Tidak melakukan tindakan berbahaya
6. Dll
• Etika mahasiswa dalam mengerjakan tugas
1. Menyerahkan tugas
2. Jujur
3. Dilarang mempengaruhi dosen
4. Mematuhi etika ilmiah
• Etika mahasiswa dalam mengikuti ujian
1. Mematuhi tata tertib jian
2. Jujur dan bertindak baik
3. Tidak mengganggu mahasiswa lain
• Etika mahasiswa dengan dosen
1. Menghormati semua dosen
2. Bersikap sopan
3. Menjaga nama baik dosen
4. Dll
 Pengembangan kemahasiswaan
• Cerdas dan kompetitif
 Cerdas spiritual
 Cerdas emosional dan sosial
 Cerdas intelektual
 Cerdas kinestik
• Pengembangan dan pembinaan melalui intrakulikuler dan ekstrakurikuler
Acara tersebut berakhir hingga pukul 12.45 , hingga akhirnya kami kembali ke rumah masing-masing.
Hari ke 3 pk2 masih berlanjut pada tanggal 12 agustus 2015, hari itu diisi dengan materi yang disampaikan oleh pemateri pertama Dr. Albertus Djoko Lesmono M.Si yaitu tentang sifat kritis ,pemateri ke dua yaitu Dra. Sri Astutik, M.Si yang menjelaskan tentang keterampilan berkomunikasi, kami mendengarkan sekaligus menyimak , sehingga saya mempunyai kesimpulan dari masing-masing materi tersebut yaitu
 Sifat kritis
• Untuk penyelesaian masalah diperlukan pendekatan
• Untuk memiliki sifat kritis kita harus faham persepsi dan kesalan- kesalahan berpikir
• Diperlukan adanya komunikasi untuk menyamakan persepsi
• Jangan langsung menerima mentah-mentah informasi yang masuk
• Berperilaku hati-hati dan tidak grusu-srusu dalam menyikapi permasalah
 Keterampilan berkomunikasi
• Mendengar aktif
• Sikap pendengar yang baik
 Konsentrasikan perhatian pada subyek
 Pertimbangkan apa yang sudah diketahui
 Menghindarkan gangguan
 Mengakui suatu keadaan emosi
 Kesampingkan pendapat anda
Itulah kesimpulan materi yang saya dapat , kemudian setelah kegiatan itu selesai , kami kembali ke rumah .
Pada hari kamis tanggal 13 agustus 2015 kami kembali ke gedung 3 untuk melanjutkan kegiatan pk2, hari itu diawali dengan kegiatan belajar menyanyikan hymne dan mars UNEJ, kemudian dilanjutkan pemberian materi yang diisi oleh Drs. Subiki M.Kesyang menjelaskan tentang pola perspektif dan Dr. Imam Mdakir, M.Si yang menjelaskan implementasi TI. Acara itu berlangsung lancar, hingga akhirnya kami kembali ke rumah.
Pada tanggal 14 agustus 2015 kegiatan pk2 masih berlangsung yang diawali dengan belajar menyanyikan hymne dan mars UNEJ. Kemudian dilanjutkan oleh penjelasan pengisian FRS , dan penentuan kelas.hingga berakhir pada pukul 09.15.
Pada hari senin tanggal 17Agustus 2015 kami melaksanakan upacara untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia, upacara berlangsung hikmat dan di tutup oleh pelepasa balon yang berwarana merah putih.
Kemudian, hari kamis 20 agustus 2015 kami berkumpul di stadon UNEJ untuk melaksanakan character building di secaba, yang diawali dengan upacara penyerahan mahasiswa dari pihak UNEJ ke secaba kami jalan kaki menuju secaba yang di damping oleh para tentara .Sampai di stadion unej kami absen dan melakukan kegiatan apel pagi,setelah apel pagi kami sarapan lalu berangkat bersama-sama menuju SECABA. Sampai di sana kami mendapat materi tentang wawasan kebangsaan, nilai moral dan etika. Pukul 12:00 kami istirahat, sholat, dan makan siang.Setelah makan siang kami mendapat materi PBB. selama hari pertama di SECABA kami dilatih menjadi orang yang disiplin,berkarakter,dan bertanggung jawab. Ketika sore kami di bawa menuju barak untuk tidur. setelah itu kami mandi. Namun disana airnya tidak mencukupi, tapi saya bersyukur masih bisa mandi.
Hari ke dua di SECABA kami dan teman-teman hanya mendapat materi outbond saja.pukul 06:00 kami melakukan senam pagi dan sarapan pagi. Kemudian kami langsung menuju lapangan bola untuk permainan outbond. kami diajak bermain dan bergembira selama outbond. Permainannya beragam, seperti bermain holahop dan tarik tambang. Disini kami dilatih kompak dalam tim.sapai pukul 11:00 kami melaksanakan sholat jum’at bersama di masjid SECABA. Kemudian dilanjutkan makan siang dan lomba yel-yel., saat semua kompi beradu yel-yel, kami disini berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. setelah lomba yel-yel kami melakukan apel untuk bergeser ke unej. pukul 15:00 kami bergeser ke unej bersama-sama.selama di SECABA banyak hal yang saya pelajari, namun saya masih perlu banyak belajar lagi untuk bisa sukses ke depan.Pukul 16:00 kami sampai di staion unej dalam keadaan capek. Setelah bapak rektor menutup kegiatan SECABA gelombang terakhir, akhirnya kami bisa pulang dan beristirahat.sungguh kegiatan yang sangat bermanfaat dan melelahkan. dan itulah pengalaman yang aku dapatkan selama pengenalan kehidupan kampus .
Terima kasih….

0 komentar:

Posting Komentar

 
Ani Riskiana Blog Design by Ipietoon